Langsung ke konten utama

UPAYA SELAMATKAN lebih banyak UANG

Dari paparan rapimkap hari rabu kemarin ada hal menarik data yang disajikan farmasi.

Pasien rajal 1 semester 51.000

Pasien non bpjsnya 35.000.

Resep yang diterima farmasi 7000

Artinya 28.000 resep tdk diterima farmasi

Jika 1 pasien diberi 1 lembar resep dan 1 resep harganya 1.000.000.

Maka ada loss pendapatan dari pasien non BPJS di rajal sebesar
28.000 x 1.000.000 = 28.000.000.000
( Dua puluh delapan milyar).

Jika laporan rajal kemarin dikatakan pendapatan rajal 8 milyar, maka semestinya pendapatan rajal adalah 36 milyar

36 milyar dicapai jika obat non BPJS semua di tebus di farmasi.

Mengapa bisa loss pendapatan tinggi
1. Obat kosong karena lelang ulang
2. Obat tidak tersedia sedari awal
3. Waktu lama
4. Penulisan resep masih manual
5. Permintaan pasien ingin tebus diluar sedari awal kepada dokter
6. Dan faktor lainnya

Oleh karenanya sudah mendesak:
1. Ketersediaan obat dijamin oleh farmasi melalui pengadaan obat yg lebih simple dan anti gagal lelang.
2. Waktu layanan penyediaan obat  dipercepat oleh farmasi dengan :
A.  membuka jalur khusus penyediaan obat untuk pasien non BPJS  di alamanda
C. Pelaksanaan e resep online untuk order obat
D. Pengantaran obat ke pasien kerjasama dengan pihak ke 3
E. Re lokasi kasir dari radiologi ke farmasi.
F. Penambahan SDM di layanan farmasi disaat beban puncak

Ini butuh bantuan unit kerja lain selain farmasi khususnya pada proses pengadaan obat agar tidak terjadi gagal lelang dan konsistensi  permintaan obat sesuai dengan formularium RSAB Harapan Kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

1 RUANG Lintas FUNGSI

Penyiapan berkas klaim BPJS dan Asuransi di  RSAB Harapan Kita dalam prakteknya melibatkan 3 fungsi kerja, yaitu Keuangan, rekam medis dan dokter verifikator medis. Untuk itu disediakan satu ruangan yang di isi oleh 3 fungsi kerja diatas.  Hal ini dimaksudkan agar mempercepat koordinasi dan kerjasama dalam penyiapan berkas klaim BPJS dan asuransi.

1 AREA 3 Layanan

1 Area 3 LAYANAN Rumah Kita RSAB Harapan Kita Menghadirkan Layanan 1 counter Untuk layanan : Administrasi kasir Farmasi Dimaksudkan Untuk memberi kemudahan dan kecepatan Proses pelayanan Di layanan publik Lain, hal ini ditemui Ketika kita mengunjungi Kantor Samsat Untuk pengurusan Ijin kendaraan.

Aksi PERUBAHAN di RAWAT INAP

PERBAIKAN PROSES RAWAT INAP PROSES RAWAT INAP 1. Penerimaan pasien 2. Asesement dan orientasi 3. Perawatan pasien 4. Kepulangan pasien SOLUSI dalam PROSES RAWAT INAP 1. Pada proses penerimaan pasien A. Pengadaan kamar transit pasien B. Pit stop penerimaan pasien di setiap rawat inap C. Optimalisasi bed management D. Penyelesaian clinical parthway E. Pasien baru diresepkan dari IGD untuk mengurangi keluhan pasien dalam menunggu F. Penerimaan pasien VIP di rawat inap tidak melalui admision namun petugas admision menemui di rawat inap 2. Proses. Asesement dan orientasi pasien A. Pembuatan video orientasi untuk mengurangi beban perawat dalam menjelaskan 3. Proses perawatan A. Peletakan pasien perlu observasi dekat dengan nurse station B. Mobile troli obat pasien C. Papan informasi berisikan  nama dokter. pasien dan nurse yg bertanggungjawab D. Sosialisasi kelengkapan berkas resume medis 4. Kepulangan pasien A. Pemberitahuan kepada keluarga pasien jadwal