Langsung ke konten utama

Model PENGADAAN hemat JUTA JUTA

Dalam operasional rumah sakit pengadaan menjadi satu bagian  penting yang dilakukan dimana hal ini untuk menunjang kegiatan operasional.

Ragam pengadaan dilakukan satu diantaranya pengadaan komputer.

Di RSAB Harapan Kita saat ini sedang berlangsung implementasi Aplikasi SMART untuk menunjang kecepatan aliran informasi di layanan medis satu diantaranya rawat inap.

Untuk itu dibutuhkan penambahan unit komputer yang diperlukan di rawat inap.

idealnya sebuah proses pengadaan dilakukan melalui mekanisme Lelang terbuka, pemilihan langsung dan penunjukan langsung. Namun berbeda di RSAB Harapan kita. 

Ada hal menarik yang dilakukan dalam proses pengadaan komputer yang dibutuhkan rawat inap. 

dimana komputer bukan diadakan melalui proses pembelian terlebih dahulu namun diawali dengan memindahkan komputer dari unit lain yang penggunaannnya underload.

Yang menarik permintaan dan respon pun dilakukan melalui media komunikasi whatshapp.

Berikut percakapan nya:

[9/5 07.52] Rsab Dr Budi Komite: Sehubungan di Ranap akan di implementasikan RM ke SMART
Mohon kalau ada bagian yg masih ada Komputer bisa di pakai di Ranap

[9/5 08.05] PakNAW: Dimanajemen 1 komputer 1 org sebenarnya hrs di rubah. Semisal di instalasi yg mobilitas bekerjanya kombinasi antara di kantor dan di lapangan sebenarnya tdk membutuhkan 1 org 1 komputer.

Karena di jam yg sama ada yg menggunakan komputer ada yg sedang kelapangan.

Usul saya untuk mengantisipasi kekurangan komputer diruangan demi mempercepat implementasi RM ke SMART di rawat inap ada baiknya instalasi dengan model bekerja diatas merelakan sebagian komputernya di pinjam kan ke rawat inap

Kalau kondisi sudah membaik rawat inap bisa dibelikan komputer

Idealnya 1 rawat inap mempunyai minimal 2 komputer.

[9/5 08.22] Rsab Dr Budi Komite: Setuju pak Naw Ayo siapa yg mengeksekusi

[9/5 08.36] Rsab Frida Rajal: dr Budi instalasi rawat jln kita lihat dulu klu seluruh poli sdh cukup yg di instalasi kita sumbang 1 tks 🙏

[9/5 08.44] +62 811-964-331: Dari bag umum  ada 2 komputer. Kapan bisa diantar dan kemana

[9/5 08.45] Rs Harkit 28318 Dr Endang: Mgk IT yg menentukan ya mau dikirim ke mananya. Krn permintaan komputer sdh ada di IT

[9/5 08.54] Rsab Galuh: Inst gizi bisa
[9/5 08.57] Rsab Galuh: Setuju..daftar komputer yang bisa dimanfaatkan di ranap
1. Instalasi gizi, 1 pc
2. IrJ, 1 PC
3. BAG umum, 2 PC
4. Lanjut

[9/5 09.04] Rsab Dian Farmasi: Setuju..daftar komputer yang bisa dimanfaatkan di ranap
1. Instalasi gizi, 1 pc
2. IrJ, 1 PC
3. BAG umum, 2 PC
4. Inst.Farmasi :☆1 PC&   ☆1 AC Split
5.
6.
7.

[9/5 09.05] PakNAW: Hore berapa menit sudah dapat 5 😀

[9/5 09.05] Rsab Dr Ariani: Keren kerjasama tim nya 😊👍🏻 kita saling mengisi

[9/5 11.56] Dr Retno RSAB: Baru 4 buah pc. Hayu siapa lagi yg bisa hibahkan.

Pak Hisar kemaren saya minta hibah 5 komputer krn ada 18 PC di bag umum. Nambah dong jangan cuma 2.
Hayo yang lain bantu. Ini utk keberlangsungan hidup rumah kita sendiri. 🙏

[9/5 12.00] Rsab Dr Hari: Kami Rensar sumbang 1 PC🙏

[9/5 12.17] Dr Retno RSAB: Maaf p. Hisar dibanding komputer di bag umum yg jauh lbh banyak sumbangin dong lbh banyak🙏

[9/5 12.23] Rsab Dr Budi Komite: Alhamdulillah  udah dapat lima

[9/5 12.25] Rsab Dr Budi Komite: Mungkin di ranap komputer yg ada didalam ruang karu ruang admin bisa di kumpul kan di ruang nurse station biar kalau visite nya bareng bisa dipakai Admin dan karu bisa pakai pas lagi kosong

Kalau 1 unit komputer diatas beli baru senilai 6 juta, terkumpulnya 5 unit komputer dengan mekanisme diatas sudah membantu Rumah Sakit berhemat 30 Juta dalam proses pengadaan unit baru komputer.

Seru kan inilah MODEL baru PENGADAAN yang pernah ada di Indonesia  selain mekanisme yang sudah ada.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

1 RUANG Lintas FUNGSI

Penyiapan berkas klaim BPJS dan Asuransi di  RSAB Harapan Kita dalam prakteknya melibatkan 3 fungsi kerja, yaitu Keuangan, rekam medis dan dokter verifikator medis. Untuk itu disediakan satu ruangan yang di isi oleh 3 fungsi kerja diatas.  Hal ini dimaksudkan agar mempercepat koordinasi dan kerjasama dalam penyiapan berkas klaim BPJS dan asuransi.

1 AREA 3 Layanan

1 Area 3 LAYANAN Rumah Kita RSAB Harapan Kita Menghadirkan Layanan 1 counter Untuk layanan : Administrasi kasir Farmasi Dimaksudkan Untuk memberi kemudahan dan kecepatan Proses pelayanan Di layanan publik Lain, hal ini ditemui Ketika kita mengunjungi Kantor Samsat Untuk pengurusan Ijin kendaraan.

Aksi PERUBAHAN di RAWAT INAP

PERBAIKAN PROSES RAWAT INAP PROSES RAWAT INAP 1. Penerimaan pasien 2. Asesement dan orientasi 3. Perawatan pasien 4. Kepulangan pasien SOLUSI dalam PROSES RAWAT INAP 1. Pada proses penerimaan pasien A. Pengadaan kamar transit pasien B. Pit stop penerimaan pasien di setiap rawat inap C. Optimalisasi bed management D. Penyelesaian clinical parthway E. Pasien baru diresepkan dari IGD untuk mengurangi keluhan pasien dalam menunggu F. Penerimaan pasien VIP di rawat inap tidak melalui admision namun petugas admision menemui di rawat inap 2. Proses. Asesement dan orientasi pasien A. Pembuatan video orientasi untuk mengurangi beban perawat dalam menjelaskan 3. Proses perawatan A. Peletakan pasien perlu observasi dekat dengan nurse station B. Mobile troli obat pasien C. Papan informasi berisikan  nama dokter. pasien dan nurse yg bertanggungjawab D. Sosialisasi kelengkapan berkas resume medis 4. Kepulangan pasien A. Pemberitahuan kepada keluarga pasien jadwal