Langsung ke konten utama

AKSI PERUBAHAN untuk lebih BAIK


5 ancaman everyday mengancam kita : regulasi, kompetitor, pelanggan, vendor dan internal proses.

68% karena faktor internal proses pemicunya.

Hal ini dipicu oleh
60% internal proses tdk efisien dan diestimasi telah menyumbang 40% hidden cost ( biaya yg tak nampak)

Penyebabnya adalah waste ( defek, over process, waiting, non utilize  talent, transportation, inventory, motion dan extra process). yg terjadi hampir di semua lini proses baik medis. Penunjang medis dan non medis.

Untuk menyikapinya RSAB HK telah melakukan fast track meeting yang telah menghasilkan 33 langkah awal perbaikan internal proses yg fokus pada layanan rawat jalan,  layanan rawat inap dan proses klaim.

Memfokuskan pada 3 proses ini akan memicu unit terkait untuk melakukan pembenahan.

Saat ini 3 fase sudah kita lalui : awerness, pembentukan tim perbaikan dan rencana aksi dan inplementasi aksi.

Dalam tahap aksi perbaikan ini akan muncul ketidaknyamanan dan ini semacam FASE INDUKSI dalam tindakan OBGYN namun percayalah  hal ini akan berakhir dengan Kondisi yang lebih baik Dari aspek peningkatan pendapatan, peningkatan volume pasien, proses layanan yg lebih efektif dan efisien dan tentunya terwujudnya mimpi kita bersama untuk LEBIH SEJAHTERA.

Mohon dukungan Bapak Ibu semua untuk aksi perubahan ini untuk membawa RSAB HK dalam kondisi yang lebih baik.

Salam hormat

Paknaw
Advisor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

1 RUANG Lintas FUNGSI

Penyiapan berkas klaim BPJS dan Asuransi di  RSAB Harapan Kita dalam prakteknya melibatkan 3 fungsi kerja, yaitu Keuangan, rekam medis dan dokter verifikator medis. Untuk itu disediakan satu ruangan yang di isi oleh 3 fungsi kerja diatas.  Hal ini dimaksudkan agar mempercepat koordinasi dan kerjasama dalam penyiapan berkas klaim BPJS dan asuransi.

1 AREA 3 Layanan

1 Area 3 LAYANAN Rumah Kita RSAB Harapan Kita Menghadirkan Layanan 1 counter Untuk layanan : Administrasi kasir Farmasi Dimaksudkan Untuk memberi kemudahan dan kecepatan Proses pelayanan Di layanan publik Lain, hal ini ditemui Ketika kita mengunjungi Kantor Samsat Untuk pengurusan Ijin kendaraan.

Aksi PERUBAHAN di RAWAT INAP

PERBAIKAN PROSES RAWAT INAP PROSES RAWAT INAP 1. Penerimaan pasien 2. Asesement dan orientasi 3. Perawatan pasien 4. Kepulangan pasien SOLUSI dalam PROSES RAWAT INAP 1. Pada proses penerimaan pasien A. Pengadaan kamar transit pasien B. Pit stop penerimaan pasien di setiap rawat inap C. Optimalisasi bed management D. Penyelesaian clinical parthway E. Pasien baru diresepkan dari IGD untuk mengurangi keluhan pasien dalam menunggu F. Penerimaan pasien VIP di rawat inap tidak melalui admision namun petugas admision menemui di rawat inap 2. Proses. Asesement dan orientasi pasien A. Pembuatan video orientasi untuk mengurangi beban perawat dalam menjelaskan 3. Proses perawatan A. Peletakan pasien perlu observasi dekat dengan nurse station B. Mobile troli obat pasien C. Papan informasi berisikan  nama dokter. pasien dan nurse yg bertanggungjawab D. Sosialisasi kelengkapan berkas resume medis 4. Kepulangan pasien A. Pemberitahuan kepada keluarga pasien jadwal