Langsung ke konten utama

SOLUSI CEPAT ala RSAB Harkit

Pelayanan rumah sakit tidak bisa dihindari kondisi diluar dugaan, semisal pemadaman listrik PLN yang menggangu pelayanan rumah sakit .

dimana hal ini memaksa semua yang terlibat dalam pelayanan untuk memecahkan mencari solusinya, Tanpa harus menunggu surat undangan, alasan tidak bisa hadir atau lambat datang.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena kondisi yang terjadi membuat LEVEL KERESAHAN menjadi SAMA antar pihak yang tetlibat.

Hal ini menjadi tradisi di RSAB Harapan kita ketika menghadapi kondisi diluar dugaan yang mengganggu pelayanan.

Secara sigap semua elemen pelayanan bertemu diacara meeting tanpa surat undangan dan tanpa penolakan dan hanya melalui Chanel whatshap saja.
Setelah rapat dilakukan,notulensi langsung disebarluaskan melalui Chanel whatshap, hal ini untuk mempercepat proses aliran informasi hasil meeting yang sudah dilakukan.
Berikut hasil meeting yang disampaikan dr. Merry selaku Kabid pelayanan setelah meeting selesai dilakukan.

Tidak butuh lama, hanya 30 menit selesai meeting, informasi hasil meeting langsung disampaikan :

[5/8 6.17 PM] RSAB HK Dr Merry: Selamat sore...
Mohon izin menyampaikan hasil rapat koordinasi tentang kemungkinan bila terjadi pemadaman arus listrik PLN :

[5/8 6.18 PM] RSAB HK Dr Merry: Notulensi Antisipasi Rapat Padam Listrik RSAB; dihadiri oleh :
- Bpk Dirut ; DMK; DK; Unit2 Layanan; IT; IP3RS; Keuangan.
1 . Posisi saat rapat tadi (j 15.00) PLN masih menyala, dan mudah2 an terus menyala
2. Genset yang menyala saat ini hanya dpt mengcover 60% dari kebutuhan layanan dan saat ini sedang di setting agar dapat meng-cover sampai 95% dari total kebutuhan RS.
3. Bila terjadi pemadaman kembali arus PLN maka :...

[5/8 6.19 PM] RSAB HK Dr Merry: Plan A.:
Bila Genset yg sedang di setting saat ini berhasil mensetting pengcoveran sampai 95 % kebutuhan listrik kita maka:...

[5/8 6.20 PM] RSAB HK Dr Merry: Plan B.
Bila genset yg ada hanya dapat mengcover 60 % dari kebutuhan listrik kita, maka :
[5/8 6.23 PM] RSAB HK Dr Merry: Teknik akan memberikan info hari ini utk kondisi genset yang sedang di setting ulang untuk kepastian listrik besok. PIC : Pak Hadi & Bu Evy

[5/8 6.25 PM] RSAB HK Dr Merry: IT :
Akan dilakukan back date data2.
IT membutuhkan rekap dari unit terkait untuk dimasukkan ke dalam sistem SMART. Mohon dari alur terakhir yaitu tata rekening. Rekap (Nama pasien, tanggal datang, jam datang, tindakan, nama dokter)

[5/8 6.26 PM] RSAB HK Dr Merry: Rawat Jalan
1. Pasien rawat jalan umum dan BPJS hari ini telah dilayani dengan sistem manual.
2. Untuk pasien umum telah selesai di rekap
3. Untuk pasien bpjs besok akan direkap, telah ditunjuk 2 petugas yg akan mengerjakan
4. Pemindahan layanan edelweis ke anyelir sbg alternatif bila aliran listrik bermasalah kembali karena edelweis tdk dicover oleh genset RSAB.

[5/8 6.27 PM] RSAB HK Dr Merry: Laboratorium
1. Lab akan dicover oleh genset bila terjadi pemadaman listrik kembali.
2. Pemeriksaan dapat berjalan spt biasa
- Farmasi
1. Farmasi telah menerima resep pasien yg manual/blm terdaftar dan memberikan obat
2. Bila rawat jalan telah melakukan input ke komputer maka farmasi akan menginput obat2an ke komputer (terutama utk pasien bpjs)
- Radiologi
1. Selama listrik belum dapat berjalan stabil, Pemeriksaan radiologi konvensional saja yg dikerjakan. Jadwal CT dan MRI dipending hingga listrik stabil/pemberitahuan lebih lanjut.

[5/8 6.29 PM] RSAB HK Dr Merry: Mohon kerjasama dan doa dari kita semua untuk masalah kita bersama ini. Dan bila ada masalah di unit2 layanan... silahkan di share di wa group kita ini agar unit2 terkait dapat saling share permasalahan kita bersama. Salam semua, Selamat sore

[5/8 6.30 PM] +62 812-2106-523: Terima kasih dok @⁨RSAB HK Dr Merry⁩

[5/8 6.36 PM] +62 813-1583-5721: Tk dr merry atas informasinya..smg seterusnya PLN nyala terus dan pelayananan lancar..aamiin yra

[5/8 6.42 PM] +62 812-8260-0497: Terima kasih dr.Merry atas informasinya semoga PLN tidak mati lagi ya dok,untuk laundry dan cssd semoga bisa membantu terlaksana pelayanan di RSAB, baik di ruangan dan di poli serta di kamar operasi juga ya dok.terima kasih.

[5/8 6.51 PM] +62 812-2164-623: Terima kasih dok Merry..semoga sdh masuk dan pasien bs tetap HD

[5/8 6.55 PM] +62 813-1007-9774: Baik Bu...kami catat....

[5/8 7.05 PM] +62 815-9950-410: Tks infonya dok merry

Komentar

Postingan populer dari blog ini

1 RUANG Lintas FUNGSI

Penyiapan berkas klaim BPJS dan Asuransi di  RSAB Harapan Kita dalam prakteknya melibatkan 3 fungsi kerja, yaitu Keuangan, rekam medis dan dokter verifikator medis. Untuk itu disediakan satu ruangan yang di isi oleh 3 fungsi kerja diatas.  Hal ini dimaksudkan agar mempercepat koordinasi dan kerjasama dalam penyiapan berkas klaim BPJS dan asuransi.

1 AREA 3 Layanan

1 Area 3 LAYANAN Rumah Kita RSAB Harapan Kita Menghadirkan Layanan 1 counter Untuk layanan : Administrasi kasir Farmasi Dimaksudkan Untuk memberi kemudahan dan kecepatan Proses pelayanan Di layanan publik Lain, hal ini ditemui Ketika kita mengunjungi Kantor Samsat Untuk pengurusan Ijin kendaraan.

Aksi PERUBAHAN di RAWAT INAP

PERBAIKAN PROSES RAWAT INAP PROSES RAWAT INAP 1. Penerimaan pasien 2. Asesement dan orientasi 3. Perawatan pasien 4. Kepulangan pasien SOLUSI dalam PROSES RAWAT INAP 1. Pada proses penerimaan pasien A. Pengadaan kamar transit pasien B. Pit stop penerimaan pasien di setiap rawat inap C. Optimalisasi bed management D. Penyelesaian clinical parthway E. Pasien baru diresepkan dari IGD untuk mengurangi keluhan pasien dalam menunggu F. Penerimaan pasien VIP di rawat inap tidak melalui admision namun petugas admision menemui di rawat inap 2. Proses. Asesement dan orientasi pasien A. Pembuatan video orientasi untuk mengurangi beban perawat dalam menjelaskan 3. Proses perawatan A. Peletakan pasien perlu observasi dekat dengan nurse station B. Mobile troli obat pasien C. Papan informasi berisikan  nama dokter. pasien dan nurse yg bertanggungjawab D. Sosialisasi kelengkapan berkas resume medis 4. Kepulangan pasien A. Pemberitahuan kepada keluarga pasien jadwal