Langsung ke konten utama

Aksi PERUBAHAN di FARMASI

PROSES FARMASI
1. Perencanaan
2. Pengadaan
3. Gudang
4. Pelayanan pasien
5. Monitoring dan evaluasi

PERMASALAHAN dalam  PROSES FARMASI

1. Perencanaan
A. Proses perencanaan melibatkan para pihak berjauhan sehingga memakan waktu lama.
B. Output perencanaan yang generik ( tidak dipecah) berdampak pada gagal lelang karena tidak ada 1 vendor yg mempunyai kapasitas memenuhi 400 item yg diminta.
C. Penyebutan merk pada list permintaan mengunci vendor yg tidak memiliki hubungan dengan principal merk tsb.

2. Pengadaan
Proses pengadaan gagal lelang sehingga berdampak kepada dilakukannya pengulangan proses daru awal hal ini menambah waktu proses pengadaan sehingga memicu kekosongan obat dampak lain adalah rs harus membeli cyto utk obat yg mendesak untuk dibutuhkan dan ini mengganggu keuangan rs.

3. Gudang
Death stock dan slow moving masih berulang sehingga perlu ada kebijakan untuk menghabiskannya agar tidak sampai kadaluarsa

4. Pelayanan pasien
Obat kosong.
Waktu layanan lama
Tidak ada pemisahan layanan pasien bpjs dan non bpjs
Pasien menebus diluar
Loss pendapatan hingga 4.6 milyar per tahun

5. Monitoring dan evaluasi
Obat yang tidak ada tidak dicatat sebagai acuan untuk perencanaan obat berikutnya.
[26/3 21.46] Paknaw: Perbaikan proses farmasi

PROSES FARMASI
1. Perencanaan
2. Pengadaan
3. Gudang
4. Pelayanan pasien
5. Monitoring dan evaluasi

SOLUSI dalam  PROSES FARMASI

1. Perencanaan
Output perencanaan tanpa menyebutkan merk dan dipecah menjadi beberapa bagian dimana diharapkan hal ini minimal dimiliki oleh 3 vendor.

2. Pengadaan
A. Menarik 1 orang farmasi ke bagian pengadaan dan 1 orang hukum untuk membantu percepatan proses pengadaan.
B. Membuat kebijakan pengadaan  untuk obat cyto
C. Monitoring pemenang tender dalam proses pengiriman barang ke gudang

3. GUDANG
A. Membuat kebijakan untuk menghabiskan obat deathstock dan slow moving

4. PELAYANAN KEPADA PASIEN
A. Pemisahan counter layanan pasien bpjs dan non bpjs
B. Menambah petugas helper di edelwies untuk mengantar obat ke apotik
C. Menambah petugas farmasi di edelwies saat beban puncak.

5. MONITORING dan EVALUASI
Mencatat obat kosong dan menjadi acuan untuk pengadaan obat berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ending INDAH SEBUAH Perbaikan

Pada awal 2019 dicanangkan bahwa  ditetapkan target pendapatan  245 M, dan capaian  sampai Desember melebihi target yaitu 300 M.  Salah satu dampaknya adalah ada kenaikan Remunerasi yang diterima karyawan.  Berikut Pengumuman yang di sampaikan bagian SDM di akhir Desember 2018:  17/12 7.44 AM] Rsab Harapan Kita: Assalamualaikum, selamat pagi salam sehat Sehubungan pencapaian target kinerja keuangan bulan November dan Desember mencapai target maka PIR untuk bulan November dan Desember dibayarkan sebesar 5.194 (ada kenaikan sebesar 944) artinya remunerasi bulan November dan Desember ada kenaikan rata2 18% dari bulan2 sebelumnya 🙏 Untuk PKWT juga mendapat tambahan sesuai dengan  jasa fungsional (dokter) dan jasa layanan (selain dokter) yang dibayarkan pada pertengahan bulan ini. Tambahan ini diberikan untuk bukan November dan Desember 2019. Berikut respon dari beberapa staf :  [17/12 7.51 AM] +62 811-9723-782: Waalaikumsalam.....Alhamdulillah🙏👏👍?...

1 RUANG Lintas FUNGSI

Penyiapan berkas klaim BPJS dan Asuransi di  RSAB Harapan Kita dalam prakteknya melibatkan 3 fungsi kerja, yaitu Keuangan, rekam medis dan dokter verifikator medis. Untuk itu disediakan satu ruangan yang di isi oleh 3 fungsi kerja diatas.  Hal ini dimaksudkan agar mempercepat koordinasi dan kerjasama dalam penyiapan berkas klaim BPJS dan asuransi.

EDUKASI layanan KESEHATAN

RSAB Harkit, selain menyelenggarakan Layanan kesehatan kepada pasien juga menyebarkan informasi Layanan kesehatan kepada masyarakat luas. Melalui radio kesehatan milik Kemenkes, RSAB Harkit setiap Minggu tepatnya hari Rabu mengedukasi Layanan Kesehatan khususnya pada anak dan bunda Upaya ini diharapkan menjadikan masyarakat mengetahui dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dalam menjalankan hidupnya. Ragam tema disiapkan oleh tim Instalasi Humas Dan Pemasaran untuk dapat di nikmati informasinya oleh masyarakat luas khususnya Ibu dan Anak tentang Layanan Kesehatan yang dimiliki oleh RSAB Harapan Kita.