Langsung ke konten utama

PROSPEK PELANGGAN yang MENJANJIKAN

Dengan profile pasien non bpjs 65%  dan non bpjs 35%  di poly seharusnya kita tidak kalah cash flow.

Namun karena pasien non bpjs di poliklinik banyak yg dirawat diluar, tebus resep diluar dan tindakan diluar memicu loss pendapatan yang cukup signifikan.

Disisi lain pasien ranap 70% pasien bpjs memicu kita kalah cash flow dikarenakan pembayaran yang tidak penuh dan return klaim yang mencapai 30 sd 40%.

Untuk itu perlu diambil langkah2 sbb:

1. Aspek keuangan
A. Meningkatkan pendapatan
B. Menurunkan biaya

2. Aspek pelanggan
A. Menambah new customer dari non bpjs
B. Mempertahankan loyal customer

3. Aspek internal proses.
A. Meningkatkan utilisasi
B. Eliminasi waste

4. Aspek people. Culture dan teknologi
A. Re lokasi people
B. Semangat budaya kerja baru
C. Pendayagunaan teknologi
[28/3 19.34] Paknaw: Dari 4 aspek diatas memang kita punya byk masalah di keu. Internal proses dan people.

Tapi kita msh punya 1 aspek yg menjanjikan aspek pelanggan.

Cuma ini PR besar dimana pelanggan kita inginnya layanan MAKE EVERYTHING SIMPLE sementara layanan kita MAKE EVERYTHING RIBET

WAITING TIME di registrasi. Poliklinik dan farmasi plus ketersediaan obat hrs dibereskan.

Waiting time pasien masuk ke ranap hrs diakhiri

Kenyamanan ranap hrs ditingkatkan

Selanjutnya promosi ke 231 ribu data pasien hrs di push setelah semua internal proses dibenahi

Komentar

  1. Akan lebih baik. dibuatkan time table prioritas perubahan
    1. Kenyaman ruangan
    2. Kecepatan layanan jadi simple
    3. Tingkatan budaya kerja PCC dan service excelent

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

1 RUANG Lintas FUNGSI

Penyiapan berkas klaim BPJS dan Asuransi di  RSAB Harapan Kita dalam prakteknya melibatkan 3 fungsi kerja, yaitu Keuangan, rekam medis dan dokter verifikator medis. Untuk itu disediakan satu ruangan yang di isi oleh 3 fungsi kerja diatas.  Hal ini dimaksudkan agar mempercepat koordinasi dan kerjasama dalam penyiapan berkas klaim BPJS dan asuransi.

1 AREA 3 Layanan

1 Area 3 LAYANAN Rumah Kita RSAB Harapan Kita Menghadirkan Layanan 1 counter Untuk layanan : Administrasi kasir Farmasi Dimaksudkan Untuk memberi kemudahan dan kecepatan Proses pelayanan Di layanan publik Lain, hal ini ditemui Ketika kita mengunjungi Kantor Samsat Untuk pengurusan Ijin kendaraan.

Aksi PERUBAHAN di RAWAT INAP

PERBAIKAN PROSES RAWAT INAP PROSES RAWAT INAP 1. Penerimaan pasien 2. Asesement dan orientasi 3. Perawatan pasien 4. Kepulangan pasien SOLUSI dalam PROSES RAWAT INAP 1. Pada proses penerimaan pasien A. Pengadaan kamar transit pasien B. Pit stop penerimaan pasien di setiap rawat inap C. Optimalisasi bed management D. Penyelesaian clinical parthway E. Pasien baru diresepkan dari IGD untuk mengurangi keluhan pasien dalam menunggu F. Penerimaan pasien VIP di rawat inap tidak melalui admision namun petugas admision menemui di rawat inap 2. Proses. Asesement dan orientasi pasien A. Pembuatan video orientasi untuk mengurangi beban perawat dalam menjelaskan 3. Proses perawatan A. Peletakan pasien perlu observasi dekat dengan nurse station B. Mobile troli obat pasien C. Papan informasi berisikan  nama dokter. pasien dan nurse yg bertanggungjawab D. Sosialisasi kelengkapan berkas resume medis 4. Kepulangan pasien A. Pemberitahuan kepada keluarga pasien jadwal